Ritula_In House Training (IHT) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 1 Lasem untuk persiapan memasuki awal semester. Progam ini bertujuan untuk menyiapkan guru/ tenaga pendidik menjadi tenaga professional yang mampu mendidik peserta didik menjadi anak yang berprestasi, berkarakter dan berakhlak mulia.

Program IHT dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari hari Rabu-Jum’at (12-14 Juli 2018) dengan dibuka oleh Bapak Mukhid, S.Pd., M.Pd., selaku kepala sekolah. Program IHT membahas beberapa hal diantaranya yaitu: Sekolah Model melalui rapor mutu dan kegiatan Tim Budaya mutu. Selanjutnya pembuatan perangkat pembelajaran berupa Silabus, KKM, pemetakan materi, dan RPP sesuia dengan kurikulum 2013. Secara garis besar kegiatan ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Sekolah model

Sekolah SMP Negeri 1 Lasem merupakan salah satu contoh sekolah model yang berada di kabupaten Rembang. Tahun ini SMP Negeri 1 Lasem menuju pada sekolah rujukan untuk menjadikan SMP yang lebih maju dan bermutu. Ada 12 budaya yang dimuat dalam system pendidikan yang ada di SMP N 1 Lasem diantaranya adalah budaya mutu, nasionalis, integritas, disiplin, literasi, bersih, hijau, gotong royong, aman, religious, dan sehat). Setiap budaya tersebut memiliki program kerja untuk menjadikan peserta didik menjadi berkarakter.

  1. Perangkat pembelajaran

Seperti guru/ tenaga pendidik pada umumnya yaitu wajib membuat perangkat pmbelajaran guna mempersiapkan pembelajaran yang menarik dan dapat mudah dipahami oleh peserta didik. Perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru di SMP N 1 Lasem sangat ter-update mengikuti perkembangan zaman. Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh dewan guru memuat tentang nilai karakter, nasionalis, adiwiyata, literasi dan abad 21. Pembuatan perangkat pembelajaran ini memerlukan waktu selama 2 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *